Sabtu, 05 September 2015

Kemerdekaan manusia

Bagaimana merasa lebih baik?
Aku tidak yakin semua hal dapat dipercaya 
Bahkan diluar dunia indrawi ku
Dia menekan apa saja

membunuhmu perlahan dengan menyobek pembuluh darah
menyempit saluran pernafasan
mungkin ini yang disebut sesak
ya, beberapa dari mereka katakan ini

namun aku tidak pernah yakin bahwa akan seperih ini
sampul majalah tersobek
anak itu membacanya berulang kali
macam tak bosan 

dusta dengan meyakinkan mata
percuma
tak ada yang akan dikuatkan sekarang
sebelum semua dibicarakan utuh 

kini semua lakon mati
tinggalah kalian berdua
bebaslah lakukan apapun
termasuk saling menatap dan saling meyakinkan
sementara itu dunia tidur
kalian lakukan apa saja semaunya

aliran darah kental
mabuk berulang-ulang
tak bosan
masih subuh, ucapnya

matahari tenggelam
tak seoangpun bisa selamatkan dia
karena puisi ini brantakan
aku tidak peduli dengan apa pun

matahari akan kembali lagi nanti
katanya pagi
aku belum bertemu pagi
biar saja lagi, aku tak peduli

setiap insan miliki kemerdekaan yang hakiki
miliki hak masing-masing
aku sudah gunakan kesempatan dalam bagian ini
kini masanya kau dan siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar